Minggu, 21 November 2010

Warga di sekitar lereng gunung merapi enggan untuk mengungsi



Banyak warga di daerah sekitar lereng gunung merapi meninggal akibat abu panas yang menyembur dari kawah gunung berapi paling aktif di Indonesia. Hal ini seharusnya bisa dihindari jika para warga mau mengikuti saran pemerintah untuk megungsi.mereka sedang melakukan aktivitas sehari-hari ketika letusan terjadi.

sementara alasan mereka tidak mengungsi meski telah mendapat peringatan adalah tidak percaya peringatan itu akan terjadi karena pada tahun 2006 tidak terjadi letusan padahal mereka sudah mengungsi.

selain itu, mereka enggan mengungsi disebabkan oleh aspek budaya, yaitu: bagi warga Gunung Merapi merupakan sumber kehidupan yang menjadi sumber nafkah mereka, mulai dari pertanian hingga peternakan.
Secara kultural ada semacam ikatan kuat antara masyarakat di sana dengan gunung berapi itu karena mereka merasa aman dan nyaman secara ekonomis.
Dengan kata lain mereka tidak bisa begitu saja meninggalkan sumber mata pencaharian yang sangat penting bagi mereka untuk tinggal di tempat pengungsian..


Saran saya dalam hal ini, yaitu Pemerintah seharusnya menyiapkan segala sesutu dengan matang dan penuh perencanaan untuk megevakuasi para pengungsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar